Senin, 21 Februari 2011

Dragon Ball, kenangan akan masa kanak-kanak yang tak terlupakan...



Yuupz, siapa yang tidak mengenal komik dan serial kartun yang sangat populer ini. Di Indonesia sendiri telah beredar komiknya sampai 42 jilid, dan sudah beberapa puluh kali mengalami cetak ulang. Sedangkan serial kartun ditayangkan setiap hari minggu selama 10 tahun berturut-turut. Banyak remaja yang sangat menyukai Son Goku, tokoh utama dalam Dragon Ball, dan  juga ada beberapa yang suka dengan Trunks (versi masa depan), karena ganteng dan gagah. Tidak sedikit pula yang menyukai akan sifat jahat dan dingin dari Bezita, sang Pangeran Saiya.

Kemarin saya iseng iseng membereskan lemari, dan tidak sengaja melihat komik Dragon Ball volume 42 (Bye-bye Dragon Ball), saya terharu dan sampe hampir menitikkan air mata ketika membaca "Dahulu kala... Cerita berawal dari pertemuan kecil ini akhirnya kembali ke masa kini. Selanjutnya anda bisa sekali-sekali menengok mereka, mungkin itu juga cukup menyenangkan... Begitulah, dan inilah akhir cerita." Sungguh teringat akan masa kecil dahulu.

Ketika saya SD, setiap hari minggu selalu menunggu jam 9 pagi untuk menonton film kartun ini di Indosiar, padahal mainnya hanya setengah jam, itupun dengan iklan yang lebih dari 15 menit. Dan saya paling benci kalo ada tayangan tinju karena membuat saya tidak bisa menyaksikan film favorit ini.
Begitu juga dengan komiknya, dari SD hingga kini saya telah mengoleksinya secara lengkap dari no 1 sampai 42. Pertama beli sewaktu tahun 97, masih berharga rp 3.500, kemudian naik menjadi 6.500 ditahun 1999, hingga sekarang berharga rp 17.500. Masih saya beli, sebab banyak edisi yang dipinjam saudara dan teman terus tidak dikembalikan, terpaksa saya menggantinya dengan mencari di Pasar Senen yang lebih murah (bekas). Terkadang juga sampe saya rela tidak jajan hanya untuk mengumpulkan uang buat membeli komik ini. Mungkin kalau dikumpulkan sudah ada sekitar 70an komik Dragon Ball yang saya koleksi, baik itu dari Elexmedia maupun terbitan Rajawali Grafiti (almarhhum).

Yang membuat saya teramat menyukai Dragon Ball adalah karena kisah Persahabatan diantara tokoh-tokohnya. Semua berawal dari musuh, hingga akhirnya mereka bahu membahu membela Son Goku. Seperti Pikkoro, awalnya adalah musuh yang sangat membeci Son Goku karena telah membunuh ayahnya, Raja Iblis Pikkoro. Ia rela bekerja sama dengan Son Goku demi menyelamatkan bumi dari serbuan Bangsa Saiya. Dan juga Ialah yang mendidik Son Gohan, anak Son Goku, ketika Son Goku tewas. Son Gohan diajari ilmu silat untuk menjadi Pendekar yang tangguh dan bisa diandalkan ketika melawan Bezita serta Nappa.

Begitu juga dengan Bezita, pada awal kedatangannya ke bumi mempunyai tujuan untuk membunuh Kakarot (Goku dalam bahasa Saiya), Bezita sangat membencinya karena ia merasa sebagai Pangeran Saiya yang terkuat dan tidak ingin disaingi oleh Goku. Tetapi bahu membahu ketika melawan Cell, juga sempat menyelamatkan Goku saat hampir tewas dibunuh Android No 19 (Android = manusia buatan, bukan sistem operasi Google). Meskipun sempat "kumat" ketika dengan sengaja mau dihipnotis Babidy, karena rasa ingin bertarung yang kuat dengan Goku. Tetapi akhirnya Bezita rela mengorbankan dirinya dengan meledakkan tubuh untuk membunuh Bhu, Walaupun mati sia-sia, akhirnya Bezita dan Goku bersatu (fusion) untuk menjadi Ksatria terkuat di Alam semesta dengan mengalahkan Bhu.

Dragon Ball atau ketujuh bola naga tidak pernah dipergunakan secara sembarangan dan percuma, semua untuk kelangsungan hidup manusia, kecuali sewaktu Raja Iblis Pikkoro yang minta dikabulkan awet muda serta sewaktu minta celana dalam wanita di bab 2.

Dalam komik Dragon Ball, terdapat beberapa peristiwa yang melibatkan pertarungan hampir disemua tokoh. Seperti:
- Melawan tentara Red Ribbon
- Melawan Raja Iblis Pikkoro
- Menghalau serangan Bangsa Saiya
- Melawan Freeza di Planet Namec
- Melawan Cell serta Manusia buatan Dr Gero
- Melawan Bhu dan Babidy cs

Diantara musuh-musuh dalam Dragon Ball, yang terkuat adalah:


1. Bhu atau Manusia Iblis Bhu.
Musuh ini sangat kuat, dan yang dapat mengalahkannya hanya Jurus Bola Semangat. Ketika Bhu masih gemuk, sebenarnya masih dapat dikalahkan Son Goku pake Super Saiya 3, tetapi Goku membiarkannya untuk Generasi muda yang turun tangan. Tapi saat Bhu sudah menjadi Bhu yang sebenarnya, semua menjadi kacau. Bhu ini sempat menghisap Gotenks dan Super Gohan.

Iblis Bhu versi Gagal

2. Cell. 
Meskipun sebagai manusia buatan, tetapi Cell tercipta dari sari pati berbagai jagoan serta penjahat sewaktu pertarungan Son Goku melawan Bezita, Pikkoro dan Freeza. Son Goku sampai menyerah dan tidak sama sekali tidak dapat mengimbangi kekuatan Cell yang sempurna. Kalahnya Cell adalah saat Son Gohan marah dan mengeluarkan kemampuan yang sesungguhnya.

3. Android No 16.
Ini adalah manusia buatan versi gagal, dan menurut penciptanya Dr Gero, ia dapat menghancurkan dunia. Sempat mengalahkan Cell dalam wujud tidak sempurna, akhirnya tewas ketika ingin meledakkan bom yang ada ditubuhnya sendiri.

4. Android No 17 & No 18
Sepasang Manusia buatan kembar kakak-adik. Pada awalnya sangat kuat, sampai-sampai membuat Trunks yang dapat membunuh Freeza, terkapar dengan satu pukulan. Juga membuat Bezita menjadi frustasi, karena mengetahui super saiya tidak bisa berbuat apa-apa terhadap manusia buatan.

5. Freeza.
Makhluk terkuat di alam semesta sebelum Goku menjadi Super Saiya, Freeza telah menghancurkan Planet Bezita, dan membunuh semua penghuninya. Tetapi kalah mengenaskan oleh Goku, dan akhirnya bersama Ayahnya tewas setelah tubuhnya dipotong-potong oleh Trunks.





Untuk saat ini hanya inilah yang dapat saya tuliskan, semoga dilain waktu saya dapat memposting Tokoh Jagoan terkuat serta Jurus-jurus terhebat di Dragon Ball. Dan juga silsilah akar rumput dari Karakter yang ada, mulai dari Dragon Ball, Dragon Ball Z, hingga Dragon Ball GT...

6 komentar:

  1. Saya termasuk orang yang gila Dragon Ball, tapi gak baca komiknya Mas... Hanya nonton filmnya... Hehhee.... Jadi kangen masa2 dl... :(

    BalasHapus
  2. tata bahasa kurang menarik n background+huruf ga matching!

    BalasHapus
  3. gambarnya keren, foto bayi imut, cerita lumayan, tapi tulisannya ga kebaca sama sekali! bikin pusing mata...

    BalasHapus
  4. yha drag0n ball lover'zZ (yaya)27 November 2011 pukul 19.38

    .sya jga pnggila d.ball.. sy mw tanya msih ska lht d.ball gx d.tv stiap hri mnggu..?? klo msh ska skrng kan dah tmt tuh yg d.tv, ntar ssj(super saiyajin) 2 ea gmna? mxsud sya klo gnti ssj tmat, gnti ssj tmat, gtu.. emg dlu jga gtu ea? ngrti gx? tlng d.jwb ea..!! :)

    BalasHapus
  5. saya pengila dragon ball
    aku mengoleksi komik dragon ball sampai yang sekarang lagi dibuat
    tapi dalam bentuk ebook

    BalasHapus

Ingin komentar tapi tidak tahu caranya?

Klik panah ke bawah di sebelah kanan "Beri Komentar Sebagai" Pilih ID Name/URL. Isilah nama anda. Bila tidak punya URL, kolom ini kosongkan saja. Klik Poskan Komentar. Kalau anda ragu, silahkan klik Pratinjau. Terima kasih.